Dory Soekamti : “Kolaborasoe, A Surprising Album”

Setelah beberapa waktu lalu kita mendengar apa kata seorang Ari Soekamti tentang album Kolaborasoe dari Endank Soekamti, sekarang giliran Dory Soekamti yang mengutarakan pandangannya. Simak, yuk!

Langsung aja, ya. Saya pribadi memandang album #Kolaborasoe sebagai ‘Surprising Album’, mengapa? Berikut ini adalah beberapa alasannya.

Yang pertama, album Kolaborasoe berisikan ide otentik untuk berkolaborasi dengan banyak pihak di saat Endank Soekamti masih sanggup menelurkan lagu-lagu mereka sendiri. Ini adalah keputusan yang berani dan mengejutkan. Kemudian, beragamnya para kolaborator yang hadir di album ini benar-benar mencerminkan bahwa Endank Soekamti mencoba untuk step forward dan melakukan penjelajahan lintas genre, lintas generasi, dan lintas pasar.

Melalui album ini, Endank Soekamti menunjukkan penghormatan pada legenda-legenda musik tanah air. Juga sekaligus menyatakan kesanggupan untuk bekerja sama dengan siapa saja yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya. Sebut saja Cherrybelle, CJR, Kemal Palevi, bahkan Jarwo Syubidu, yang bukan berwujud manusia. Hal ini berujung pada sebuah penghormatan atas universalitas musik itu sendiri.

Waktu pengerjaan album ini relatif lama, karena Endank Soekamti memandang bahwa album ini perlu penanganan yang serius baik dari segi legalitas, musikalitas, dan lain-lain. Karena lagu-lagu yang ada di dalamnya adalah ‘lagu bersejarah’ dari para ‘kolaborator bersejarah’ sehingga momen kolaborasi ini pun harus terdokumentasi dengan baik, agar bisa menjadi album ‘bersejarah juga.

Endank Soekamti menganggap album Kolaborasoe ini sebagai album studio ke-6 mereka. Berarti album ini bukanlah album sampingan, tetapi Endank Soekamti benar-benar menjadikan setiap track yang ada di dalamnya sebagai bagian dari karya mereka sendiri. Identitas atau jati diri semua pihak benar-benar terpelihara, dan diharapkan bahwa album ini akan menjadi ‘milik bersama’ antara Endank Soekamti dan Kolaborator yang ikut bekerja di dalamnya.

Dalam pengerjaan album Kolaborasoe ini, ada suatu proses yang saya sebut ‘mempengaruhi dan dipengaruhi’. Warna musik Endank Soekamti jelas mempengaruhi dan memberi ‘kemasan baru’ terhadap lagu-lagu hits dari para kolaborator. Tapi di sisi lain, Endank Soekamti juga dipengaruhi oleh soul dan cita rasa dari para kolaborator. Dan ini akan berdampak positif bagi kelangsungan etos musikal Endank Soekamti sendiri.

Terakhir, Endank Soekamti telah mengerahkan seluruh upaya terbaiknya di album ini. Dan prosesnya tidak sekali jadi, tapi melewati tahapan-tahapan pengendapan dan penghayatan agar tidak mengecewakan. Dan hasil akhirnya mengejutkan sekaligus memuaskan. Tak pernah terpikir sebelumnya bahwa Endank Soekamti akan membuat musik seperti ini, atau album seperti ini. Dan itulah yg membuat album ini BEDA!

Selamat menikmati album #Kolaborasoe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *