Endank Soekamti – “Study Tour” ke Banyumas

Minggu, 23 November 2014, Endank Soekamti mendapat kesempatan untuk meramaikan event Honda Fiesta 2014 di Alun-Alun Banyumas. Kami berangkat hari Minggu pagi dengan menggunakan bis pariwisata. Yes, setelah sekian lama Endank Soekamti melanglang buana dari kota ke kota menggunakan armada sendiri, kali ini kami memilih untuk menyewa bis. Biar berasa kayak anak sekolahan lagi study tour, gitu. ‘Kan kalau dari umur juga nggak beda jauh. :p

Dalam perjalanan ke Banyumas, kami menyempatkan untuk mampir mengisi perut di sebuah rumah makan legendaris. Tapi bukan karena apa yang disajikan. Dari segi menu, rumah makan “Lestari” ini menyajikan menu standar prasmanan. Yang menjadi pelanggan dari rumah makan ini biasanya adalah orang-orang yang sedang dalam perjalanan darat dari Jawa Tengah menuju Jawa Barat, atau sebaliknya.

Namun, bagi sebagian besar band asal Yogyakarta, ternyata rumah makan Lestari memiliki cerita lain. Kalau suatu waktu sempat mampir ke sini, coba perhatikan cermin wastafel atau kaca-kaca di daun jendela dan pintu. Kamu bakal menemukan banyak sticker yang menempel di sana. Pada masanya dulu, kalau sudah bisa menempelkan sticker bandnya di rumah makan ini, bagi band-band asal Yogyakarta, itu adalah sebuah achievement. Karena itu berarti, band tersebut sedang dalam perjalanan untuk menyerahkan demo mereka ke Jakarta. Meskipun sekarang sudah didominasi oleh sticker anak motor. Kalau kamu cukup selo untuk mengamati sticker-sticker tersebut satu per satu, kemungkinan besar kamu bakal menemukan sticker Sheila on 7, Jikustik, Bre, Shaggy Dog, Sophie (sekarang Sophia Sovia Stolka) dan tentu saja Endank Soekamti. B)

Selesai isi amunisi di rumah makan Lestari, kami melanjutkan perjalanan. Sebenarnya pemberhentian kami adalah di Purwokerto, karena hotel tempat kami transit ada di sana. Sekitar pukul 11, kami sampai di Purwokerto, dan karena masih belum waktunya untuk check in hotel, kami lanjut buat…. MAKAN LAGIIII…!! Kami dijamu dengan sangat baik oleh pihak Honda selaku penyelenggara event. Meskipun memang, sekitar 2-3 jam sebelumnya baru ngisi perut di rumah makan Lestari, tapi yaaaa… daripada mubazir, ‘kan. :p

Untuk perform di Banyumas ini, kami memutuskan untuk tampil dengan konsep Angka 8, menjadi Rix Hammer, Dorich dan Arimageddon. Show diawali dengan pemutaran bumper video Angka 8 dan setelahnya, kami muncul ‘melanjutkan’ adegan di video tersebut.

Alun-alun Banyumas telah dibanjiri oleh Kamtis Family dari berbagai daerah. Hujan deras sempat mengguyur Banyumas, menyebabkan alun-alun becek dan berlumpur, tapi hal itu nggak melunturkan semangat mereka untuk bersenang-senang. Semua tetap kompak bernyanyi bersama dari lagu ke lagu. Di tengah-tengah kerumunan, tampak dua orang juga nggak kalah semangat untuk… JUALAN ES TEH! Yes. Dengan mengusung wadah bikinan sendiri yang memuat sekitar 12-15 gelas plastik berisi es teh, dua orang itu tampak gigih membelah lautan manusia. Mudah-mudahan dagangannya laris, ya! :))

Tepat jam 10 malam, kami turun panggung. Dilanjut foto bareng beberapa Kamtis yang sudah datang dan juga bersama panitia Honda Fiesta 2014. Setelah itu ke mana? Yak, betul. Sebelum menuju hotel lagi, tentu kami nggak mau melewatkan tawaran untuk mencicipi SROTO. Mumpung lagi di daerah asal sroto, Purwokerto, ditambah lagi cuaca dan kondisi perut yang mendukung. Kami sempat sedikit berputar-putar untuk mencari warung sroto yang masih buka. Belakangan kami tau, ternyata ada Kamtis Banyumas yang niat mengikuti mobil kami sampai Purwokerto (mungkin juga sempat bingung karena kami muter-muter nggak jelas), karena pengen ketemu dan foto bareng dengan kami. Untung bukan karena keserempet mobil kami di jalan.

Beres menikmati sroto dengan porsi masing-masing (udah ketebak ‘kan siapa yang makannya nambah? :p), kami menuju hotel untuk istirahat sejenak sebelum pulang. Pukul 1 pagi, kami check out dan kembali menyusuri jalanan di atas bis menuju Yogyakarta. Sekitar 4,5 jam kami lewati dengan sekian banyak variasi pose tidur, akhirnya sekitar pukul 05.30 pagi kami mendarat dengan selamat di basecamp. Semoga Kamtis Family dari luar Banyumas yang semalam ikut merapat di Alun-Alun Banyumas juga sampai ke rumah masing-masing tanpa kurang suatu apa.

Terima kasih banyak sudah menjadi bagian dari kemeriahan #SoekamtiDay dan sampai ketemu di kesempatan berikutnya! Toss!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *