KONSER AMAL #GUGURGUNUNG UNTUK #SINABUNG

Gugur Gunung dalam istilah Jawa berarti guyub-rukun dan bahu-membahu untuk bergotong-royong menyelesaikan persoalan atau masalah bersama. Istilah ini pernah kami gagas menjadi sebuah tema gerakan sosial para musisi di Yogyakarta untuk membantu korban bencana erupsi Merapi akhir tahun 2010, dengan bentuk konser amal.

Hingga kemudian hash tag #GugurGunung terukir dalam satu set gamelan yang kami sumbangkan untuk menggantikan gamelan yang hancur diterjang erupsi Merapi di Kinahrejo.

Menyikapi bencana yang terjadi di Sinabung Sumatera Utara yang minim diberitakan dibandingkan dengan banjir ibukota. Manajemen JHF, Endank Soekamti dan Shaggydog sepakat untuk membantu teman-teman Sinabung dalam wujud konser amal. Mengajak pula partispasi dari band Festivalist dan Captain Jack. Acara yang tadi malam digelar ini zero budget alias modal nol rupiah. Dan semua yang berpatispasipun tanpa dibayar.

Dengan membeli tiket donasi minimal Rp. 20.000 penyumbang bisa menikmati perfoma band kebanggaan mereka. Loket tiket dibuka pukul 16.00 dan sudah terlihat antrian panjang penyumbang. Tepat pukul 19.00 Band Festivalist membuka acara dengan irama rock yang khas. Band yang didapuk untuk acara Gugur Gunung ini memang notabene mempunyai fanbase yang fanatic. Dan fans dari masing-masing band juga saling rispek satu dengan lainnya

Dilanjut dengan aksi Captain Jack.ini band rock kebanggaan Jogja. Yel yel : Soekamti!! Soekamti!! Terdengar menggemuruh setelah perfoma Captain Jack usai. Jreengggg..trio Soekamtipun sudah diatas panggung..setlistnya sangat menarik menurut saya sepanjang durasi jatah Endank Soekamti performLong Life My Family yang biasanya dijadikan ending, malam itu mengawali beberapa list lagu yang jarang dimainkan Endank Soekamti seperti Uuu, Kembali. Lautan Kamtis yang datang dari berbagai kota malam itu ber-sing a long tanpa henti sepanjang 7 lagu yang disuguhkan para personil Endank Soekamti. Dan semua ber-moshing ria diatas ribuan kepala. Lagu Maling Kondang sebagai puncak penutup perfoma dari trio enerjik ini.

Sedikit cooling down sebentar, para penyumbang menikmati alunan Hip-Hop dari Jogja Hip-Hop Foundationdengan anthem-nya yang sudah dikenal luas Jogja Istimewa. Sebagai puncak performer konser amal Gugur Gunung untuk Sinabung..penyumbang diajak berdansa mengikuti alunan irama ska dari Shaggydog.

Acara yang berakhir dengan tertib dan lancar, dengan dukungan pihak kepolisian yang dengan sukarela mengerahkan personilnya. Terlapor 2.500 tiket terjual (kami mebatasi tiket, karena menyesuaikan kapasitas venue). Total penerimaan uang tiket dan donasi yang masuk melalui rekening akan langsung kami salurkan ke pengungsi-pengungsi di Sinabung.

Itulah JogjaGuyub rukun bahu membahu untuk saling membantusemoga ini akan terjadi selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *