Launching Album SOEKAMTI DAY

Walau Yogyakarta sempat dibasahi hujan beberapa jam sebelum acara dimulai, seolah itu tak menghalangi para undangan acara Launching Album ke-7 Endank Soekamti yang bertajuk SOEKAMTI DAY untuk hadir malam (16/02) itu di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

Acara launching ini dibuka dengan penampilan JALU TP, seorang Kamtis dari Klaten yang meinterpretasikan lagu-lagu lama Endank Soekamti dalam kemasan pop akustik jazz, dan baru saja merilis albumnya sendiri .bertajuk TAJI. Malam itu ia membawakan empat lagu dari album terbarunya itu.

Setelah Jalu selesai membawakan lagu Bau Mulut, Erix, Ari, dan Dory tampil ke panggung dan mengajak para penonton terbang ke masa lalu mengikuti perkembangan Endank Soekamti mulai saat band ini lahir pada 2001. Ini berbeda dengan acara-acara launching lain pada umumnya, alih-alih membawakan lagu-lagu mereka dari album baru ini, Endank Soekamti tampil sebagai pencerita.

Hal menarik lainnya adalah, seluruh proses launching album ini disiarkan secara langsung melalui streaming di SOEKAMTI.TV, sebuah jalur baru Endank Soekamti agar dapat meyapa para Kamtis Family. Pada saat streaming launching album ini, tercatat penonton soekamti.tv mencapai sekitar 63.000 viewers, ini jauh melebihi target viewers yang sebelumnya dipatok pada angka 3.000.

Pada acara peluncuran album ini juga diputar film Behind The Scene Soekamti Day The Movie, yang mendokumentasikan proses pembuatan SOEKAMTI DAY di sebuah pulau bernama Gili Sudak – NTB pada pertengahan Juni – Juli 2015 lalu.

Acara tidak lantas selesai saat film berakhir, karena masih dilanjutkan dengan presentasi album SOEKAMTI DAY yang isinya terdiri dari CD Album, DVD Behind The Scene pembuatan album, t-shirt, gelang, sertifikat kepemilikan, dan edisi perdana komik Soekamti Day the series.

Komik Soekamti Day the series ini rencananya akan terbit setiap bulan, dan khusus untuk edisi perdana ini, hanya dapat diperoleh dengan membeli album ini.

Pada kesempatan malam itu juga diperkenalkan metode pembelian boxset Soekamti Day melalui situs www.belialbumfisik.com sebagai sarana distribusi album ini.

Kemudian diperkenalkan pula SOEKAMTI KARAOKE yang merupakan wujud semangat open source album Soekamti Day ini. Melalui Soekamti Karaoke, selain seseorang bisa mengganti bagian vocal penyanyi asli dengan suaranya sendiri, bagian drum, bass, dan gitar pada tiap lagu di album ini juga bisa diganti sesuai keinginan dan selera orang tersebut.

Sehingga setiap orang akan dapat memiliki album SOEKAMTI DAY menurut versi mereka masing-masing dengan gratis. Tak berhenti di situ saja, mereka yang telah membuat salah satu lagu atau seluruh album di album SOEKAMTI DAY versi mereka tersebut, dapat membagikan kembali hasil karya mereka tersebut ke masyarakat luas.

Pada bagian akhir acara, diperkenalkan tokoh-tokoh yang banyak berperan dalam perkembangan Endank Soekamti hingga seperti sekarang ini, yaitu Bagoes Kresnawan dari Euforia Audiovisual, yang ada dibalik proses dokumentasi kegiatan Endank Soekamti.

Kemudian Teguh Ardianto dari Euforia Digital yang berperan mendistribusikan karya-karya Endank Soekamti ke kanal-kanal digital di seluruh dunia. Dondy Bappedyanto dari CloudKilat yang sejak awal tahun ini bekerjasama dengan Endank Soekamti yang telah membantu merealisasikan Soekamti.TV. Disusul oleh Fani yang sedang menggarap serial animasi baru berjudul KAMTIS BABIES yang akan ditayangkan dalam waktu dekat ini.

Peresmian launching album ini dilakukan bersama-sama seluruh tim Endank Soekamti yang dipanggil semuanya ke panggung, lalu secara simbolis ditandai dengan pemukulan gong oleh Erix Soekamti, didampingi Ari Soekamti dan Dory Soekamti.

Semoga album SOEKAMTI DAY ini dapat diterima masyarakat dengan baik serta menghibur, serta yang tak kalah penting adalah, semoga dapat menginspirasi lebih banyak orang agar dapat lebih mandiri dalam bekerja dan merdeka dalam berkarya.

SAMPAI JUMPA…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *