Malam Ini Jazz mBen Senen Akan Usung Tribute to Endank Soekamti

 

Komunitas jazz yang sudah tak asing lagi bagi warga Yogyakarta, Jazz mBen Senen, malam ini  (17 April) di Bentara Budaya Yogyakarta, mulai 19:00 WIB, akan mengusung Tribute to Endank Soekamti.

Komunitas yang tahun ini telah memasuki usianya yang ketujuh, secara rutin menggelar jam session setiap Senin malam di halaman Bentara Budaya Yogyakarta, Kotabaru. Dalam kegiatan rutin mingguan tersebut biasanya sebulan sekali mereka mengangkat sebuah tema khusus.

Tradisi yang mulai pada 2012 tersebut bertujuan mengembangkan kemampuan untuk interpretasi ulang atau re-aransemen teman-teman komunitas yang menjunjung semangat belajar bersama dan memperluas persaudaraan ini.

“Intinya ingin selalu belajar, membuka pikiran, menambah wawasan, serta belajar respect dengan sesama musisi, apapun jenis musiknya” jelas Danny Eriawan Wibowo, salah seorang penggiat komunitas Jazz mBen Senen.

Di sisi lain, Jazz Mben Senen juga ingin mengajak masyarakat turut belajar, mendengarkan, menghargai, dan menikmati karya musik. Sehingga dalam tema bulanan yang berbentuk “Tribute to” mengangkat karya-karya musisi yang dikenal masyarakat, seperti Dewa 19, Michael Jackson, Sting, Coldplay, dan Sheila on 7.

Untuk bulan April ini, dipilihlah tema Tribute to Endank Soekamti sesuai kesepakatan anggota komunitas Jazz mBen Senen ini.

“Kalau secara musikal karya-karya Endank Soekamti bukan Jazz, sehingga kalau ini di INTERPRETASI ulang akan menarik.” ungkap Praswa Jati yang selain penggiat komunitas ini, juga manager EverDay Band.

“Ini juga sebagai bentuk apresiasi Jazz mBen Senen terhadap Endank Soekamti yang telah berkiprah sekian lama dan membawa nama baik untuk Yogyakarta.” tambah Anggrian Hidha Purwandono atau lebih dikenal sebagai Simbah yang selain drummer juga sering menjadi MC di acara ini.

Endank Soekamti sendiri, selain tak menyangka, juga sangat senang karya-karya mereka diapresiasi di Jazz mBen Senen ini.

“Terima kasih sudah mengapresiasi musik Endank Soekamti. Ini di luar ekspektasi kami. Karya kami diapresiasi oleh komunitas musik yang paling ditakuti banyak musisi termasuk saya karena di dalamnya banyak musisi jazz yang hebat bermusik.” ungkap Erix Soekamti, mewakili Endank Soekamti.

Direncanakan yang mengisi Tribute to Endank Soekamti malam ini selain dari Jazz Mben Senen, ada Ang And Aw, FD Project, JAP Project, Tricotado, dan juga ada Everyday Band. Mereka akan membawakan karya-karya Endank Soekamti seperti Semoga Kau di Neraka, Sampai Jumpa, Liburan, Ojo Nesu, dan Angka 8.

“Harapannya sih bisa gayeng dan tentunya menghibur kanca-kanca yang nanti datang, Mas.” pungkas Diwa Hutomo, MC acara Jazz mBen Senen ini.

Jadi silahkan nikmati hasil interpretasi karya Endank Soekamti oleh teman-teman Jazz mBen Senen malam ini 17 April 2017 mulai pukul 19:00 WIB di Bentara Budaya Yogyakarta Jl. Suroto No. 2 Kotabaru, Yogyakarta.

Sampai Jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *