Video Clip Endank Soekamti feat. Kemal Palevi – Luar Biasa, Resmi Dirilis!

Tanggal 6 November 2014, akhirnya official video clip dari single terbaru Endank Soekamti bersama Kemal Palevi yang berjudul “Luar Biasa”, resmi dirilis. Setelah sebelumnya harus mundur beberapa jam dikarenakan file video tersebut berulang kali gagal ter-upload di situs Youtube. Dan dalam waktu 24 jam, video klip ini telah mendapatkan lebih dari enam ribu view, apresiasi yang benar-benar LUAR BIASA dari para Kamtis Family.

Video klip “Luar Biasa”, mengambil lokasi syuting di Pantai Wedi Ombo, Gunung Kidul. Dalam bahasa Jawa berarti “pasir luas”, bukannya “takut lebar”, ya. Ini pantai, bukan cewek. Hehehe. Untuk kamera, syuting video klip ini menggunakan Sony ActionCam dan Sony A7S untuk beberapa footage. Pas banget buat syuting sambil main air.

Bicara tentang lagu “Luar Biasa”, lagu ini bertema “from zero to hero”, cerita tentang bagaimana seseorang yang dulu bukan siapa-siapa, bisa menjadi seseorang yang luar biasa. Itu juga yang menjelaskan alasan kami mengajak Kemal Palevi untuk featuring di lagu ini. Mungkin belum banyak yang tahu, Kemal Palevi adalah seorang Kamtis Family yang dulu bukan siapa-siapa. Tapi sekarang? Sudah bisa jawab sendiri, ‘kan? :p

Kemudian untuk konsep video klip, video ini bercerita tentang orang-orang luar biasa yang sedang berkumpul dan bersenang-senang bareng. Singkatnya, bisa dibilang ini adalah vacation documentary, alias dokumenter liburan dari sekelompol orang-orang Luar Biasa. Seru, ya!

Kami pergi ke lokasi menggunakan bis, dan kami mengundang teman-teman yang di hari Senin itu lagi nggak ada kerjaan. Ternyata, banyak juga. Jadilah semua personil, manajemen, teman-teman Endank Soekamti dan juga Kemal Palevi, berangkat bareng satu bis menuju lokasi syuting. Kalau dari segi lokasi, sebenarnya lokasi syuting video klip Luar Biasa sangat sulit dijangkau. Sesampainya di Wedi Ombo, kami masih harus berjalan sepanjang kurang lebih 1 kilometer di pesisir pantai untuk sampai ke kubangan alami tempat kami main air di video ini.

Kurang lengkap rasanya kalau belum sedikit bercerita tentang pembuatan video klip ini. Jadi, sehari sebelum produksi, Erix Soekampti, ditemani Goku, Ahonk dan Ipank, melakukan survey ke lokasi, untuk menentukan pencahayaan dan spot yang pas untuk syuting, juga untuk melihat keadaan ombak. Waktu survey, mereka tiba di lokasi saat hari masih pagi, dan ternyata ombaknya nggak bisa diprediksi. Baru sebentar di sana, bener aja, tiba-tiba ada ombak setinggi bahu orang dewasa. Mereka langsung buru-buru naik ke bukit untuk nyelametin peralatan syuting dan juga Goku dari air laut.

Belajar dari pengalaman, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan produksi di siang hari, waktu ombaknya lebih tenang. Tapi ternyata, pada saat produksi, ada kendala baru. Gara-gara keburu ketemu ombak tinggi pas survey, jadinya survey kami kurang teliti dan kami baru tahu kalau ternyata karang juga bebatuan di sana cukup tajam. Jadi harus ekstra hati-hati kalau mau menapakkan kaki. Meskipun begitu, syuting tetap jalan terus dan syukurlah semuanya lancar tanpa ada kendala berarti. Syukur juga, nggak ada yang laporan masuk angin sepulang dari syuting. Hahaha.

Nggak lupa juga kami ucapkan banyak terima kasih untuk manajemen dan temen-temen dari Endank Soekamti yang sudah membantu proses pembuatan video klip ini. Salam luar biasa dan sampai ketemu di video klip Endank Soekamti berikutnya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *